Pengertian Virtual Data Room atau Virtual Data Room Itu Apa Sih?

oleh -204 views
Pengertian Virtual Data Room atau Virtual Data Room Itu Apa Sih?

Pengertian Virtual Data Room itu apa sebenarnya? Mungkin pertanyaan itu yang muncul dalam benak Anda ketika mendengar istilah Virtual Data Room (VDR) ini.

Oleh karena itu supaya pembaca tidak salah persepsi tentang Virtual Data Room ini, penulis akan membantu menjawab dari pertanyaan yang ada dalam benak Anda itu.

Virtual Data Room secara harfiah adalah tempat data online atau ruang penyimpanan data secara online. Jadi Virtual Data Room adalah ruang tempat untuk menyimpan data, baik itu data transaksi atau pun dokumen data rahasia yang sudah terjamin keamanannya.

Pengertian lain dari Virtual Data Room (VDR)

Virtual Data Room, atau disingkat menjadi VDR adalah cara aman untuk tempat penyimpanan dokumen penting yang perlu diakses banyak orang secara bersamaan.

Biasanya para pembisnis menggunakan Virtual Data Room untuk kepentingan bisnisnya seperti menyimpan data hasil rapat terbatas, mengerjakan proyek, atau data yang akan dingunakan dalam rangka mendirikan usaha patungan yang perlu akses data secara bersama-sama.

Menurut pengalaman mereka, Virtual Data Room dianggap lebih aman dari dokumen fisik sebab ada jaminan data tak akan pernah hilang kecuali memang sengaja dihilangkan.

Latar belakang lahirnya Virtual Data Room (VDR)

Virtual Data Room ini meruapakan jawaban dari pola penyimpanan data secara konvensional (fisik) menuju digitalisasi data seiring pesatrnya laju perkembangan teknologi berbasis data.

Dalam 10 tahun terakhir telah banyak hal konvensional berbentuk fisik berubah ke bentuk digital. Ruang penyimpanan data atau Virtual Data Room adalah salah satunya yang menonjol.

Tidak hanya dalam sektor bisnis saja yang data fisiknya diubah ke dalam bentuk data versi digital, tapi di semua sektor termasuk juga dalam sektor pendidikan dan sektor isntansi kepemerintahan dan lainnya.

Hal ini tentu dalam rangka untuk memudahkan para pembisnis, pemerintah serta tenaga pendidik dan lainnya dalam proses penyimpanan data secara aman sekaligus menekan tingginya biaya anggaran untuk oprasional penyimpanan data secara fisik.

Bahkan lebih jauh, ini juga akan mengurangi penebangan pohon secara liar hanya demi memenuhi kebutuhan pabrik kertas. Dimana penebangan pohon secara liar di negara mana pun itu dilarang oleh undang-undang.

Jadi lahirnya Virtual Data Room ini menjadi alternatif yang menarik dalam hal mengurangi penggundulan hutan karena ulah tangan-tangan manusia.

Virtual Data Room lahir atas dasar asas manfaat

VDR memberikan banyak manfaat bagi segala sektor, mulai dari pendidikan dan pondok pesanten, ekonomi dan bisnis serta dokumen penting milik negara dll.

Kalau di sekolah atau pondok pesantren terdahulu, yang namanya dokumen penting itu adanya di lemari atau etalase husus untuk tempat dokumen penting tapi hari ini semua itu sudah ada di internet atau virtual.

Selain industri, pendidikan dan instansi pemerintah, secara individual juga tentu merasakan manfaat dari VDR ini. Pekerjaan individual seperti guru, ustadz, pengacara, arsitek, regulator, dapat menggunakan VDR dalam rangka optimalisasi kerja.

Jadi lahirnya Virtual Data Room ini adalah untuk membantu mengamankan dokumen penting yang sifatnya rahasia namun mudah diakses oleh pemiliknya.

Lebih Lanjut tentang Ruang Data Virtual

Virtual Data Room atau Ruang data virtual seiring semakin pesatnya laju perkembangan teknologi serta bisnis global yang semakin menguat menjadi alternatif solutif untuk ruang data fisik. Dan Virtual Data Room mudah diakses di mana saja, cepat dan aman tentunya.

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang menyediakan teknologi claud sebagai tempat penyimpanan data secara virtual yang dijamin aman dan terjaga.

Fungsi Ruang Data Virtual

Menggunakan Virtual Data Room adalah cara aman dan handal untuk semua kalangan yang punya kepentingan untuk menyimpan dokumen rahasia, mereview serta bertukar dokumen ketika melakukan negoisasi yang dijamin aman.

Pada umumnya Virtual Data Room digunakan untuk:

  1. Untuk transaksi secara online atau virtual
  2. Untuk proses negoisasi sebuah perusahaan hingga menemukan titik kesepakatan.
  3. Untuk menyimpan dokumen pentinga atau rahasia persuhaan.
  4. Untuk melakukan pinjaman modal atau dana oleh suatu kelompok.
  5. Melakukan pembelian ekualitas swasta, yaitu membeli dan melakukan restrukturisasi atas perushaan tertentu yang tidak diperdagangkan secara public
  6. Melakukan pembiayaan ekuilitas swasta oleh perusahaan modal ventura untuk perusahaan rintisan yang berpotensi berkembang besar.
  7. Pendataan Raport Siswa di sekolah serta penyimpanan berkas penting lainnya.
  8. Untuk pendataan santri baru atau pun untuk pendaftaran santri baru di pondok pesantren
  9. Tukar poin dalam Game Online
  10. Tukar poin di media sosial
Contoh Virtual Data Room dalam Pendidikan

Hari ini seluruh pondok pesantren yang ada di Indonesia menggunakan Virtual Data Room untuk laporan Education Management Information System (EMIS). Mengerjakan Raport sekolah juga sudah sistem digital (DRM).

Bahkan ngaji kitab gundul atau kitab kuning, hari ini juga sudah menggunakan online, khususnya selama pandemi Covid 19.

Pendaftaran untuk santri baru juga sudah menggunakan sistem pendaftaran online. Belanja untuk kebutuhan di pondok pesantren juga sudah secara virtual. Dan masih banyak lainnya.

Begitu juga dengan perpustakaan Universitas di Indonesia juga sudah menggunakan Virtual Data Room. Sehingga mahasiswa aktif dengan mudah mengakses koleksi buku di perpustakaan kampus secara virtual.

Contoh Penggunaan Virtual Data Room di Instansi Negara

Hari ini mengurus perpanjangan SIM atau pun membuat SIM baru serta mengurus surat-surat lain, bisa dilakukan secara online atau virtual.

Bikin Kartu Tanda Penduduk juga sudah dilakukan secara online. Kita hanya mengisi form pendaftaran menggunakan aplikasi.

Rapat kerja kabinet Indonesia Maju yang dipimping langsung Presiden Joko Widodo juga sering menggunakan virtual.

Mau bayar tiket kereta cepat di Jakarta juga dilakukan secara virtual, tiket pesawat terbang juga virtual, bahkan untuk tanda tangan aparat desa, hari ini sebagian sudah virtual.

Contoh Penggunaan Virtual Data Room Game Online dan medsos

Sudah banyak game online yang menjual poin atau pun menukar poin secara virtual. Begitu juga dengan media sosial seperti TikTok dan lainnya yang menukar kode pin dengan poin yang kemudian jadi saldo di nomor rekening kita. Dan masih banyak contoh Virtual Data Room ini digunakan di segala sektor.

Itululah sekelumit informasi mengenai pengertian Virtual Data Room yang dapat kami berikan. Kalau ada yang kurang paham atau punya asumsi lain tentang Virtual Data Room bisa Anda salurkan lewat kolom komentar. (*)